Sari, Desvita and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2014) Penerapan Metode Inquiry Dengan Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (Lks) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika (PTK Kelas VII H SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
00_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (776kB) |
|
|
PDF (Bab I)
01_BAB_1.pdf Download (168kB) |
|
PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
||
PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
||
PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
||
PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
|
PDF (Lampiran)
07_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
08_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (816kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Pemelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku pemberi tindakan, dan kepala sekolah sebagai obyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII H SMP Al-Islam 1 Surakarta, yang berjumlah 36 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah keaktif siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari pendekatan indicator keaktifan siswa yang meliputi : 1) siswa aktif bertanya 80% , 2)siswa aktif menjawab pertanyaan dari guru 69%, 3)siswa yang berani mempresentasikan jawaban di depan kelas 52%, 4)dan siswa berani menanggapi siswa lain 72%. Kesimpulan penelitian ini addalah bahwapenerapan metode Inquiry dengan pemanfaatan lembar kerja siswa (LKS) untuk meningkatkan keaktifan belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inquiry, keaktifan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Apr 2014 07:57 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 12:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28658 |
Actions (login required)
View Item |