Penerapan Metode Inquiry Dengan Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (Lks) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika (PTK Kelas VII H SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013)

Sari, Desvita and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2014) Penerapan Metode Inquiry Dengan Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (Lks) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika (PTK Kelas VII H SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (776kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_BAB_1.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
08_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (816kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Pemelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku pemberi tindakan, dan kepala sekolah sebagai obyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII H SMP Al-Islam 1 Surakarta, yang berjumlah 36 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah keaktif siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari pendekatan indicator keaktifan siswa yang meliputi : 1) siswa aktif bertanya 80% , 2)siswa aktif menjawab pertanyaan dari guru 69%, 3)siswa yang berani mempresentasikan jawaban di depan kelas 52%, 4)dan siswa berani menanggapi siswa lain 72%. Kesimpulan penelitian ini addalah bahwapenerapan metode Inquiry dengan pemanfaatan lembar kerja siswa (LKS) untuk meningkatkan keaktifan belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inquiry, keaktifan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Apr 2014 07:57
Last Modified: 19 Oct 2021 12:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28658

Actions (login required)

View Item View Item