Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Strategi Active Knowledge Sharing ( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS 1SMAMu hammadiyah 1

Sandhy, Ayu Marantika and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2014) Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Strategi Active Knowledge Sharing ( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS 1SMAMu hammadiyah 1. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (754kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA dengan menerapkan strategi Active Knowledge Sharing. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Sragen yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi dan hasil belajar matematika siswa melalui strategi Active Knowledge Sharing. Peningkatan ini dapat dilihat dari indikator-indikator, yaitu: 1) siswa yang memiliki kemampuan bertanya sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (33,33%) dan setelah tindakan sebanyak 21 siswa (77,78%), 2) siswa memiliki kemampuan menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (29,62%) dan setelah tindakan sebanyak 19 siswa (70,37%), 3) siswa memiliki kemampuan mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 5 siswa (18,51%) dan setelah tindakan sebanyak 18 siswa (66,67%). Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat terlihat dari siswa yang mendapatkan nilai memenuhi KKM ≥ 72 sebelum tindakan sebanyak 10 siswa (35,71%) dan setelah tindakan sebanyak 21 siswa (77,78%). Penerapan strategi Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar matematika di SMA Muhammadiyah 1 Sragen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Active Knowledge Sharing, partisipasi, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Apr 2014 07:32
Last Modified: 19 Oct 2021 12:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28655

Actions (login required)

View Item View Item