Tamara, Dayu and , Drs. Djaelani, M.Pd (2014) Penerapan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Kelompok A Di TK Pertiwi Keprabon Polanharjo Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf Download (949kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (164kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (353kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan metode bercerita pada anak kelompok A di TK Pertiwi. Penelitian ini penelitian tindakan kelas, dilakukan dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian kelompok A sebanyak Sembilan anak. Objek penelitian keterampilan berbicara. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Criteria ketuntasan minimal (KKM) yang harus dicapai anak memperoleh skor 2,6; pencapaian KKM yang ditargetkan sebanyak 80% anak. Hasil penelitian menunjukan skor rata-rata pada pra siklus 1,9, yang mencapai nilai KKM 2 anak sebanyak 22,22%, pada siklus I pencapaian nilai rata-rata 3,02 dan yang telah mencapai KKM 6 anak jadi 66,66%, pada siklus II menjadi 100% atau 9 anak dengan skor rata-rata 3,46. Analisis data yang digunakan teknik analisis interaktif. Berdasarkan data tersebut anak mengalami peningkatan secara konsisten dari pra siklus, ke siklus I, dan ke siklus II. Hasil penilaian yang ditargetkan 80% anak mencapai KKM ternyata diperoleh 100%, telah melebihi target. Penelitian ini dapat disimpulkan, penerapan metode bercerita dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada anak kelompok A di TK Pertiwi Keprabon Polanharjo Klaten Tahun pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode bercerita, keterampilan berbicara. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 14 Apr 2014 12:11 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 07:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28649 |
Actions (login required)
View Item |