Kusumaningrum, Dian Istanti and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M., M.Hum. (2014) Penggunaan Campur Kode Pada Wacana Iklan Plesetan Di Google Edisi Maret 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (565kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (947kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (168kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (81kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi wujud campur kode pada wacana iklan plesetan di google edisi Maret 2013 dan mengidentifikasi faktor penyebab campur kode dalam iklan plesetan di google edisi Maret 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data pada metode ini menggunakan metode simak dan metode catat. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode padan pragmatis. Hasil penelitian yaitu campur kode yang digunakan dalam wacana iklan plesetan di google edisi maret 2013, terdapat campur kode dari bahasa Indonesia dalam bahasa Jawa, dan bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris. Terdapat tiga campur kode dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Jawa. (a) Campur kode yang berwujud kata. (b) Campur kode yang berwujud frasa. (c) Campur kode berwujud klausa. Terdapat tiga wujud campur kode dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris. (a) Campur kode yang berwujud kata. (b) Campur kode yang berwujud frasa. (c) Campur kode berwujud klausa. Faktor penyebab terjadinya campur kode yaitu adalah tuntutan nama produk yang digunakan guna menambah unsur humor di dalamnnya, karena seperti yang dapat kita diketahui bahwa tujuan diciptakannya, iklan plesetan adalah sebagai hiburan semata. Unsur humor di dalamnnya memang disengaja guna menambah cita rasa lucu dan menarik minat baca pemirsa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | camputr kode, iklan plesetan |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Apr 2014 07:44 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 10:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28582 |
Actions (login required)
View Item |