Profesionalisme Kinerja Perangkat Kelurahan Dalam Memberikan Pelayanan Publik (Studi Kasus di Kelurahan Bolong Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun 2013)

Nimastuti, Emi and , Drs. Achmad Muthali’in, M.Si.. (2014) Profesionalisme Kinerja Perangkat Kelurahan Dalam Memberikan Pelayanan Publik (Studi Kasus di Kelurahan Bolong Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (430kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (707kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profesionalisme kinerja perangkat Kelurahan Bolong Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar dalam memberikan pelayanan publik berikut kendala dan solusinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik wawancara, observasi, dan telaah dokumen atau arsip. Teknik untuk menguji validitas atau keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi, khususnya triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan menerapkan model analisis interaktif melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) perangkat kelurahan sudah melaksanakan kinerja secara profesional terbukti dengan setiap pelayanan yang diajukan masyarakat segera ditindaklanjuti dan dapat selesai tepat waktu, 2) walaupun sudah berusaha memberikan pelayanan secara optimal namun masih terdapat kendala dalam memberikan pelayanan yang muncul dari perangkat kelurahan sendiri yaitu masih kurangnya keterampilan dalam mengoperasikan komputer dan kelengkapan sarana dan prasarana untuk mendukung pelayanan yang masih kurang, selain itu kendala juga muncul dari masyarakat yang belum memahami prosedur pelayanan di kelurahan sehingga pelayanan yang diajukan tidak dapat segera ditindaklanjuti karena masih kurangnya persyaratan yang dibawa, dari pemerintah menyangkut penyaluran personil PNS yang minim serta keterbatasan dana APBD 3) solusi untuk mengatasi kendala profesionalisme perangkat kelurahan dalam memberikan pelayanan publik yaitu dengan mengusulkan dana untuk pengembangan staf untuk meningkatkan kemampuan perangkat kelurahan yang belum terampil dalam mengoperasikan komputer, kepala kelurahan sebagai pimpinan harus bersikap lebih tegas dalam memberikan instruksi kepada perangkatnya agar meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan, serta mengusahakan perbaikan fasilitas dan sarana dan prasarana di kantor kelurahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kelurahan, profesionalisme, pelayanan publik
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Apr 2014 07:53
Last Modified: 18 Oct 2021 21:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28546

Actions (login required)

View Item View Item