Perbedaan Hasil Belajar Biologi Melalui Pendekatan Kooperatif Number Head Together (NHT) Dengan Science Technology Society (STS) Kelas VII SMP Negeri 1 Baki Tahun Ajaran 2013/2014

Bagus T.W, Mega Aprillia and , Drs. Sumanto (2014) Perbedaan Hasil Belajar Biologi Melalui Pendekatan Kooperatif Number Head Together (NHT) Dengan Science Technology Society (STS) Kelas VII SMP Negeri 1 Baki Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (496kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (BAb II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (354kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif model Number Head Together (NHT) dan menggunakan model pembelajaran Scince Technology Society (STS) pada pokok materi ekosistem, keanekaragaman makhuk hidup dan upaya pelestariannya serta pengelolaan lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baki dilihat dari hasil belajar siswa. Kelas yang digunakan dalam penelitian tiga kelas yang dipilih berdasarkan nilai UAS dengan uji t-mathcing. Kelas yang digunakan penelitian diberi perlakuan yang berbeda dengan materi yang sama. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode post test. Analisa data Uji statistik menggunakan Anova yang digunakan yaitu anova satu jalur atau One Way Anova dengan dibantu oleh program SPSS 18.0 for Windows. Rata-rata hasil belajar ranah kognitif kelas dengan model NHT sebesar 81,39 lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan model STS sebesar 7,70 dan konvensional sebesar 72,02. Hasil Uji Lanjut Anova pembelajaran menggunakan pembelajaran NHT dan STS diperoleh 0,122 > 0,05, maka H0 diterima jadi tidak terdapat perbedaan. Perbandingan antara pembelajaran STS dan kelas kontrol 0,414 > 0,05, maka H0 diterima jadi tidak terdapat perbedaan. Perbandingan antara pembelajaran NHT dan kontrol 0,01 < 0,05 maka H0 ditolak jadi terdapat perbedaan yang signifikan. Sedangkan Ratarata hasil belajar ranah afektif kelas dengan model NHT sebesar 48,18 lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan model STS sebesar 45,4 dan konvensional sebesar 43,45. Sedangkan hasil uji hipotesis hasil belajar ranah afektif diperoleh nilai Fhitung sebesar 4,856 dengan p= 0,010. Hasil Fhitung = 4,856 (p= 0,010 < 0,05) maka H0 ditolak. Nilai afektif yang diperoleh menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dari ketiga kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektifitas hasil belajar, dimana pembelajaran model NHT lebih efektif dibandingkan pembelajaran menggunakan model STS dan konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran biologi, NHT, STS, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 03 Apr 2014 12:06
Last Modified: 15 Oct 2021 06:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28509

Actions (login required)

View Item View Item