Perbandingan Pembelajaran Group Investigation (GI) Dan Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Jenawi Karanganyar Tahun 2013/2014

SIYANI, TRI and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Perbandingan Pembelajaran Group Investigation (GI) Dan Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Jenawi Karanganyar Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (600kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (394kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pembelajaran Group Investigation dan pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions terhadap hasil belajar Biologi peserta didik kelas VIII SMP N 1 Jenawi Karanganyar tahun 2013/2014. Penelitian ini merupakan jenis penelitian true experiment dengan desain post-test only. Penelitian dilakukan dengan memberi perlakuan di dalam kelas untuk membandingkan dua pembelajaran pembelajaran yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 1 Jenawi Karanganyar tahun 2013/2014 yang berjumlah 143 yang terbagi dalam 5 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.A yang berjumlah 29, peserta didik kelas VIII.B yang berjumlah 28, dan peserta didik kelas VIII.C yang berjumlah 28. Sampling yang digunakan adalah random sampling. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Biologi peserta didik kelas VIII SMP N I Jenawi Karanganyar tahun 2013/2014 dengan pembelajaran Group Investigation dan pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia. (2) Pembelajaran Group Investigation memiliki hasil paling tinggi dibanding pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions terhadap hasil belajar Biologi peserta didik kelas VIII SMP N 1 Jenawi Karanganyar tahun 2013/2014 pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pembelajaran group investigation, pembelajaran student teams-achievement divisions.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 02 Apr 2014 11:42
Last Modified: 17 Oct 2021 23:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28487

Actions (login required)

View Item View Item