Rustakahak, Rustakahak and , Susatyo Yuwono ,S. Psi, M. Si., Psi. (2014) Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Prestasi Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
11.nakah_publikasi.PDF Download (732kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
2._cover_Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab IV)
6.bab_iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
PDF (Bab V)
7.bab_v.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.PDF Download (33kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
9.lampiran_bagian_belakang_dan_skala.pdf Download (13MB) |
Abstract
Setiap proses kehidupan anak akan memberikan pengaruh besar terhadap perkembangannya. Dalam dunia pendidikan anak dituntut untuk memiliki kemampuan belajar untuk berprestasi. Pencapaian prestasi belajar pada dasarnya menjadi hal yang penting dimana siswa telah mempelajari dasar-dasar pengetahuan dan ketrampilan tertentu yang berguna untuk keberhasilan penyesuaian dirinya di masa depan. Namun kenyatannya dari tahun ketahun prestasi belajar menurun. Masalah prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu salah satunya dukungan sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan prestasi belajar siswa. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara dukungan sosial dengan prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Grogol dengan sampel kelas VIII e, VIII f, VIII g, VIII h, yang ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala dukungan sosial dan data dokumentasi. Analisis dalam penelitan ini menggunakan product moment dengan memasukan data menggunakan program SPSS 15. Hasil analisis korelasi product moment diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,814 dengan p < 0,01 hal yang menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa subjek penelitian ini memiliki tingkat prestasi belajar yang tergolong sedang, sedangkan dukungan keluarga yang dimiliki subjek tergolong tinggi. Sumbangan efektif antara variabel dukungan sosial dengan prestasi belajar sebesar 66,3%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan Sosial, Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Maria Husnun Nisa |
Date Deposited: | 28 Mar 2014 13:21 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 09:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28473 |
Actions (login required)
View Item |