Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Pada Sekolah-Sekolah Muhammadiyah Kota Surakarta (Studi Kasus pada Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Binaan Majelis Dikdasmen PDM Kota Surakarta)

APRILIYANI, TANTI and , Drs. Achmad Muthali’in, M.Si. (2014) Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Pada Sekolah-Sekolah Muhammadiyah Kota Surakarta (Studi Kasus pada Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Binaan Majelis Dikdasmen PDM Kota Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (258kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya, kendala dan solusi pengembangan kompetensi kepribadian guru PPKn pada sekolah-sekolah Muhammadiyah binaan Majelis Dikdasmen PDM Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan sumber data dokumen program kerja, pimpinan dan pengurus Majelis Dikdasmen PDM Kota Surakarta, kepala sekolah, dan guru PPKn. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen atau arsip. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik atau metode pengumpulan data. Metode penelitian menggunakan teknik analisis interaktif. Analisis interaktif digunakan untuk membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan mengkaji dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya pengembangan kompetensi kepribadian guru PPKn pada sekolah-sekolah Muhammadiyah binaan Majelis Dikdasmen PDM Kota Surakarta dilaksanakan melalui berbagai program pembinaan yang meliputi pengajian rutin, penyusunan dan pengembangan Al Islam Kemuhammadiyahan, menyelenggarakan Baitul Arqom, serta pengujian bacaan Al-Qur’an kepada guru, kegiatan-kegiatan pembiasaan di sekolah, MGMP, workshop atau seminar pendidikan, kunjungan-kunjungan langsung di sekolah-sekolah. 2) Kendala pengembangan kompetensi kepribadian guru PPKn pada sekolah-sekolah Muhammadiyah binaan Majelis Dikdasmen PDM Kota Surakarta yaitu meliputi guru yang belum bermuhammadiyah, kurangnya motivasi guru dalam menjalankan peran dan tugasnya sebagai pendidik sekaligus pembina di sekolah, serta kurangnya totalitas atau peran aktif guru dalam kegiatan pembinaan. 3) Solusi untuk mengatasi kendala pengembangan kompetensi kepribadian guru PPKn pada sekolah-sekolah Muhammadiyah binaan Majelis Dikdasmen PDM Kota Surakarta yaitu dengan meningkatkan program-program pengembangan dan pembinaan di sekolah-sekolah Muhammadiyah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, kompetensi, kepribadian guru, ppkn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Mar 2014 13:15
Last Modified: 18 Oct 2021 01:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28451

Actions (login required)

View Item View Item