Peran Gerakan Pramuka Dalam Rangka Pembinaan Kesadaran Hukum Pada Siswa Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014 (Studi Deskriptif Kesadaran Hukum Taat Tata Tertib Sekolah)

SIWI SASONGKO AJI, BAYU and , Drs. Suyahman, M.Si., M.H. (2014) Peran Gerakan Pramuka Dalam Rangka Pembinaan Kesadaran Hukum Pada Siswa Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014 (Studi Deskriptif Kesadaran Hukum Taat Tata Tertib Sekolah). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (706kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang, 1) bentuk-bentuk peran Gerakan Pramuka dalam rangka pembinaan kesadaran hukum pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014, 2) langkah-langkah Gerakan Pramuka dalam rangka pembinaan kesadaran hukum taat Tata Tertib Sekolah pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kartasura Kabu-paten Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014, 3) Kendala-kendala yang di-hadapi Gerakan Pramuka dalam rangka pembinaan kesadaran hukum taat Tata Tertib Sekolah pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kartasura Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014, 4) solusi yang dilakukan oleh Gerakan Pramuka untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam rangka Pembinaan kesadaran hukum taat Tata Tertib Sekolah pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kartasura Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu data yang disajikan berbentuk deskripsi berupa kata-kata, kalimat dan skema. Sumber data dalam penelitian ini meliputi informan atau narasumber, tempat dan peristiwa dan arsip atau dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode obser-vasi partisipasif, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan trianggulasi yang dibedakan menjadi dua macam, yaitu trianggulasi teknik pengumpulan data dan trianggulasi sumber data. untuk menganalisis data yang terkumpul digunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini dapat mendeskripsikan 1 bentuk-bentuk peran Gerakan Pramuka dalam rangka pembinaan kesadaran hukum, 2 langkah-langkah Gerakan Pramuka dalam rangka pembinaan kesadaran hukum taat Tata Tertib Sekolah, 3 Kendala-kendala yang dihadapi Gerakan Pramuka dalam rangka pembinaan kesadaran hukum taat Tata Tertib Sekolah, 4 solusi yang dilakukan oleh Gerakan Pramuka untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam rangka Pembina-an kesadaran hukum taat Tata Tertib Sekolah pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kartasura Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014. Kata Kunci: Gerakan Pramuka, Kesadaran Hukum, Tata Tertib Sekolah

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Pramuka, Kesadaran Hukum, Tata Tertib Sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Mar 2014 13:00
Last Modified: 18 Oct 2021 01:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28450

Actions (login required)

View Item View Item