Penanaman Karakter Kemandirian Anak (Studi Kasus pada Keluarga Single Parent di Desa Semo, Gondangsari, Kecamatan Jatisrono, Wonogiri)

Nanda, Agustini and , Drs. Achmad Muthali’in, M.Si. (2014) Penanaman Karakter Kemandirian Anak (Studi Kasus pada Keluarga Single Parent di Desa Semo, Gondangsari, Kecamatan Jatisrono, Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (722kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (247kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses penanaman karakter kemandirian anak pada keluarga single parent di Desa Semo, Gondangsari, Kecamatan Jatisrono, Wonogiri berikut kendala dan solusinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik wawancara, observasi, dan telaah dokumen atau arsip. Teknik untuk menguji validitas atau keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi, khususnya triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan dengan menerapkan model analisis interaktif melalui proses pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Keluarga single parent sudah melaksanakan tugasnya dalam menanamkan karakter kemandirian pada anak terbukti dengan terbentuknya sikap anak yang tidak bergantung pada orang lain dan mampu menyelesaikan tugas-tugasnya sendiri, 2) walaupun sudah berusaha menanamkan karakter kemandirian namun masih terdapat kendala dalam penanaman karakter kemandirian yang muncul dari anak diantaranya yaitu rasa pemalu, minder, kurang percaya diri, dan malas pada anak, 3) solusi untuk menghadapi kendala dalam penanaman karakter kemandirian pada anak yaitu dengan cara berkomunikasi dengan anak tentang masalah yang dihadapi, memberikan kesempatan pada anak untuk melakukan segala sesuatu sendiri tanpa bergantung dengan orang tua, melatih anak untuk bertanggun jawab terhadap segala keputusannya, dan konsistensi orang tua dalam mendidik anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penanaman, karakter, kemandirian, keluarga, dan single parent
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Mar 2014 11:15
Last Modified: 16 Oct 2021 13:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28439

Actions (login required)

View Item View Item