PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL SCIENTIFIC INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH NGASEM KECAMATAN COLOMADU KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

DEWI, NYUMAN WARLITA and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL SCIENTIFIC INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH NGASEM KECAMATAN COLOMADU KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (643kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_JD.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (842kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui model Scientific Inquiry dalam pembelajaran pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Ngasem Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V MI Muhammadiyah Ngasem dengan jumlah 23 siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada pelaksanaan pra siklus ditemukan motivasi siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran konvensional terhitung rendah dengan indikator dapat menyatakan pendapat dan merumuskan jawaban 39,13%, selalu merespon dan mengajukan pertanyaan 43,48%, mengingat materi dan mampu memecahkan masalah dengan baik 47,83%, dan keberanian dalam menyampaikan pendapat 43,48%. Pada siklus I dan II pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Scientific Inquiry menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa, yaitu indikator dapat menyatakan pendapat dan merumuskan jawaban dari 60,88% (siklus I) menjadi 80,44% (siklus II), selalu merespon dan mengajukan pertanyaan 63,05% (siklus I) menjadi 80,44% (siklus II), mengingat materi dan memecahkan masalah dengan baik 63,05% (siklus I) menjadi 82,61% (siklus II) dan keberanian dalam menyampaikan pendapat 65,22% (siklus I) menjadi 80,44% (siklus II). Dan meningkatnya hasil belajar ditandai dengan tercapainya ketuntasan individu pra siklus 68,13, siklus I 75,22, dan siklus II 86,09 dan ketuntasan klasikal dari pra siklus 52,17%, siklus I 73,91%, dan siklus II menjadi 86,96%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Scientific Inquiry dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Ngasem Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Scientific Inquiry, motivasi siswa, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2014 13:10
Last Modified: 19 Oct 2021 05:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28436

Actions (login required)

View Item View Item