Penanaman Karakter Kejujuran Dan Kerja Keras Oleh Paguyuban Pakis Kepada Pedagang (Studi Kasus di Kawasan Wisata Grojogan Sewu Kelurahan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah)

Paskasari, Arista and , Agus Prasetyo, S.Pd., M.Pd. (2014) Penanaman Karakter Kejujuran Dan Kerja Keras Oleh Paguyuban Pakis Kepada Pedagang (Studi Kasus di Kawasan Wisata Grojogan Sewu Kelurahan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kegiatan Paguyuban Pakis di kawasan Grojogan Sewu Kelurahan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, dan bentuk-bentuk penanaman karakter kejujuran dan kerja keras yang dilakukan Paguyuban Pakis kepada pedagang di kawasan wisata Grojogan Sewu Kelurahan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Strategi penelitiannya adalah studi kasus tunggal terpancang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi. Pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari subjek penelitian. Kedua adalah triangulasi teknik atau metode pengumpulan data yang merupakan kroscek dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi (pencatatan arsip). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bentuk-bentuk kegiatan Paguyuban Pakis adalah dengan cara diadakannya arisan, bakti sosial, kerja bakti, penyetaraan harga jual setiap produk barang dan jasa, piknik, pengajian, pengawasan atau sidak, melakukan sosialisasi atau himbauan, dan memenuhi undangan kelurahan, kecamatan ataupun kabupaten. Bentuk-bentuk penanaman karater kejujuran yang dilakukan Paguyuban Pakis kepada pedagang di kawasan wisata Grojogan Sewu tercermin pada saat Paguyuban Pakis melakukan penyetaraan harga jual bagi barang dan jasa, memberikan nasehat atau himbauan agar berjualan dengan jujur, memberikan teguran dan sanksi bagi anggota yang melanggar ketentuan harga yang telah disepakati, dan mengadakan pengajian dengan mengundang ulama atau ustad. Penanaman karakter kerja keras yang dilakukan Paguyuban Pakis kepada pedagang di kawasan wisata Grojogan Sewu, yaitu memberikan nasehat atau himbauan kepada pedagang, mengadakan pengajian dengan mengundang ulama atau ustad, mengajak sebagian anggota apabila mendapat undangan dari kelurahan, kecamatan ataupun kabupaten, dan mengajak anggota untuk bekerja bakti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman, karakter kejujuran, karakter kerja keras, paguyuban, pedagang
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Mar 2014 09:01
Last Modified: 16 Oct 2021 13:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28426

Actions (login required)

View Item View Item