Hartini, Rina Sri and , Drs. DJalal Fuadi, M.M. (2014) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Kelas VIII SMP Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf Download (981kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (653kB) |
Abstract
Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah dengan penerapan model pembelajaran Make a Match untuk meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran IPS. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII SMP Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 34 siswa dan subyaek pelaksana adalah peneliti. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, catatan dialapangan/pada waktu melaksanakan tidakan, lembar pedoman wawancara, lembar penilaian individu setelah mengikuti pembelajaran, dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dimana tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan aktivitas dalam pembelajaran IPS siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan diperoleh rata-rata tingkat aktivitas siswa sebesar 15,28%. Pada siklus I tingkat rata-rata aktivitas siswa meningkat menjadi 51,17%. Pada siklus II tingkat rata-rata aktivitas meningkat menjadi 85,30%. Hal ini berasrti peningkatan aktivitas siswa mencapai indikator yakni 85%. Berdasarkan data hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VIII SMP Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini karena model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (mencari pasangan) mengandung unsur permainan sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa baik secara kognitif maupun fisik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas belajar, Model pembelajaran Make a Mtach, dan Pembelajaran IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Mar 2014 11:31 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28416 |
Actions (login required)
View Item |