Hubungan Antara Persepsi Terhadap Interaksi Sosial Dalam Facebook Dengan Kecemburuan Pada Pasangan

Astuti, Utami Puji and , W. S. Hertinjung, S.Psi, M.Psi (2014) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Interaksi Sosial Dalam Facebook Dengan Kecemburuan Pada Pasangan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (709kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap interaksi sosial dalam facebook dengan kecemburuan pada pasangan. Perkawinan merupakan sebuah hubungan yang membutuhkan interaksi dengan pasangan. Sebagai makhluk sosial seseorang juga membutuhkan interaksi sosial dengan orang lain, perkembangan sekarang ini membuat orang lebih suka berinteraksi melalui facebook yang bisa menghubungkan satu sama lain tanpa harus bertemu langsung. Pasangan yang salah satu atau keduanya mempunyai facebook akan menimbulkan persepsi tersendiri ketika salah satu dari mereka sedang asyik berinteraksi di media online secara berlebihan. Persepsi yang muncul bisa persepsi positif maupun negatif. Persepsi positif akan membuat pasangan berfikir rasional, berkomunikasi, dan mencari fakta yang menumbuhkan kepercayaan antara keduanya. Ketika persepsi negatif yang muncul pasangan akan berprasangka buruk, merasa terancam, bertindak terburu-buru dan akan menimbulkan kecemburuan. Subjek dalam penelitian ini adalah suami atau istri yang bertempat tinggal di wilayah Kota Surakarta dengan jumlah subjek 100 orang. Teknik penelitian menggunakan Purposive Random Sampling yaitu pengambilan sampel dengan mengacak kelompok suatu daerah dimana setiap anggota populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel tetapi berdasarkan ciri-ciri yang telah ditentukan. Alat ukur yang digunakan adalah skala persepsi terhadap interaksi sosial dalam facebook dan skala kecemburuan. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan SPSS 15.0 dengan teknik korelasi product moment dari Pearson, diperolah nilai koefisien korelasi sebesar -0,241; p = 0,016 (p<0,05). Berdasarkan hasil analisis, diketahui variabel persepsi terhadap interaksi sosial dalam facebook mempunyai rerata empirik (RE) sebesar 80,70 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 70 yang berarti persepsi terhadap interaksi sosial dalam facebook pada subjek tergolong tinggi. Variabel kecemburuan diketahui rerata empirik (RE) sebesar 73,40 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 70 yang berarti kecemburuan pada subjek tergolong sedang. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah ada hubungan negatif yang signifikan antara persepsi terhadap interaksi sosial dalam facebook dengan kecemburuan pada pasangan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi terhadap interaksi sosial, kecemburuan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 24 Mar 2014 08:02
Last Modified: 19 Oct 2021 09:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28409

Actions (login required)

View Item View Item