Belajar Al Qur’an Sebagai Dasar Pendidikan Karakter (Studi Kasus Pada Keluarga Hafizh Al Qur’an)

Haq, Arini’l and , Prof. Drs. Kumaidi, MA, Ph.D and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. (2014) Belajar Al Qur’an Sebagai Dasar Pendidikan Karakter (Studi Kasus Pada Keluarga Hafizh Al Qur’an). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (982kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Keluarga adalah satu miliu penting yang menjadi tonggak awal pendidikan individu dalam fase hidupnya. Pendidikan dalam keluarga tidak lepas dari pola asuh yang diterapkan oleh orangtua di dalam keluarga tersebut. Semua orangtua menghendaki putra-putrinya tumbuh sebagai pemilik pribadi agung, tak terkecuali orangtua muslim. Pribadi agung dalam konsep Islam tercermin pada teladan utama muslim; Rasulullah SAW yang menurut Aisyah ra dalam sebuah hadits; “akhlaq beliau adalah al-Qur‟an”. Orangtua, sebagai pendidik awal dalam keluarga mau tidak mau memiliki tugas yang cukup kompleks untuk membentuk anak menjadi pemilik akhlaq yang Qur‟ani. Informan dalam penelitian ini adalah sebuah keluarga dengan orangtua yang menerapkan program belajar al-Qur‟an kepada tujuh anaknya. Penelitian ini menggunakan teori belajar Bloom dan tori pola asuh Moh. Sochib sebagai acuan analisis data. Penelitian dilakukan melalui pendekatan studi kasus instrumental dengan studi narasi sebagai metode pengumpulan data. Sementara, proses analisis menggunakan pendekatan analisis Miles dan Huberman. Hasil studi menunjukkan orang tua memiliki jenis pola asuh yang mencerminkan sikap belajar al-Qur‟an di dalam diri mereka berupa pengamalan inti dari beberapa ayat al-Qur;an untuk mendidik anak-anaknya. Karakter utama yang kompak muncul pada semua anak adalah takwa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Belajar al Qur’an, Pendidikan Karakter, Keluarga
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 24 Mar 2014 07:06
Last Modified: 19 Oct 2021 09:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28401

Actions (login required)

View Item View Item