Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN Rejoagung 02 Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Ngatini, Sri and , Drs. Saring marsudi, M.Pd. (2014) Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN Rejoagung 02 Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf

Download (242kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB_II1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_PUSTAKA.pdf

Download (384kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
08_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (134kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatka motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui strategi Jigsaw. Penelitian yang digunakan ini adalah PTK. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV dan guru SDN Rejoagung 02 pada tanggal 04 Oktober-Desember 2013. Tahapan penelitian terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua pertemuan dan siklus kedua dilakukan satu kali pertemuan. Subjeknya siswa kelas IV SDN Rejoagung 02 yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 9 siswa putra dan 11 siswa putri dengan objek penelitiannya adalah motivasi dan hasil belajar siswa serta strategi Jigsaw. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Indikator motivasi belajar IPA adalah sebagai berikut: (1) kuatnya kemauan untuk berbuat; (2) dapat mempertahankan pendapatnya; (3) ulet menghadapi kesulitan; (4) lebih senang bekerja mandiri. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Rejoagung 02 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Jigsaw. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui motivasi belajar siswa rendah dengan presentase 45% dan yang memenuhi KKM hanya 20% siswa. Pada siklus I terdapat siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase motivasi belajar siswa 55% dan hasil belajar siswa yang memenuhi KKM mencapai 40% sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa sangat baik dengan presentase 85% dan yang memenuhi KKM mencapai 95%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi jigsaw.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan; motivasi dan hasil belajar IPA; strategi jigsaw.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Mar 2014 12:32
Last Modified: 21 Oct 2021 00:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28378

Actions (login required)

View Item View Item