Prasetyo, Sigit and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2014) Implementasi Pendekatan Scientific Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika (PTK pada Siswa Kelas VIID Semester Gasal SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (13MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (147kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
||
PDF (Bab V)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui pendekatan Scientific dengan model Problem Based Learning. Jenis penelitian, penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antar peneliti dengan guru matematika kelas VIID, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian guru kelas VIID SMP Muhammadiyah 4 Surakarta sebagai pelaku tindakan siswa yang berjumlah 30 sebagai subjek penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan pengamatan, wawancara, kajian dokumen dan tes. Teknik analisis data dengan menyeleksi dan mengelompokkan data, memaparkan dan mendiskripsikan data. Hasil penelitian tindakan kelas, ada peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang dapat dilihat dari indikator-indikator penelitian: 1) Siswa yang berani menyatakan ide dan menjawab dengan benar yang semula sebanyak 40,00% menjadi 63,33%; 2) Siswa yang mampu merumuskan konsep ke dalam bentuk model matematika yang semula sebanyak 23,33% menjadi 36,67%; 3) Siswa yang mampu memberikan contoh lain yang berhubungan dengan materi yang dijelaskan yang semula 33,33% menjadi 46,67%. Dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan Scientific dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman konsep, Scientific, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Mar 2014 08:30 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 12:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28335 |
Actions (login required)
View Item |