Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Purwantoro Tahun Ajaran 2013/2014

Febriana, Sefti Wiri and , Dra. Wafrotur Rohmah SE. MM. (2014) Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Purwantoro Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (516kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) Untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Purwantoro tahun ajaran 2013/2014. Sampel diambil sebanyak 78 siswa dengan teknik proportional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 12,291 + 0,722X1 + 0,700X2, Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi orang tua dan perhatian orang tua. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi dapat teruji. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, 7,596 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 58,6% dan sumbangan efektif 32,2%. 2) Ada pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi dapat teruji. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 6,491> 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 41,4% dan sumbangan efektif 22,8%. 3) Ada pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi dapat teruji. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 45,869 > 3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,550 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Purwantoro adalah sebesar 55,0%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kondisi sosial ekonomi orang tua, perhatian orang tua dan prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Mar 2014 07:37
Last Modified: 18 Oct 2021 05:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28288

Actions (login required)

View Item View Item