Upaya Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistik Melalui Metode Bercerita Pada Kelompok A Di TK RA Muslimat Gumul Karangnongko Tahun Ajaran 2013 / 2014

Fitriastuti, Dina and , Drs. H. Sutan Syahrir Zabda, M.H. (2014) Upaya Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistik Melalui Metode Bercerita Pada Kelompok A Di TK RA Muslimat Gumul Karangnongko Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (465kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (600kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (458kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kecerdasan verbal linguistik anak melalui metode bercerita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di TK RA Muslimat Gumul Karangnongko Kabupaten klaten. Subjek penelitian ini adalah anak pada kelompok A TK RA Muslimat Gumul yang berjumlah 21 anak. Data kecerdasan verbal linguistik anak dalam menjawab pertanyaan tentang isi cerita yang telah disajikan, mengenal perbendaharaan kata, memberikan komentar atas pendapat tentang permainan yang muncul pada cerita tersebut dan menceritakan kembali secara urut dikumpulkan dengan metode observasi. Pelaksanaan metode bercerita dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Data analisis dengan analisis komparatif yaitu membandingkan hasil pencapaian anak dengan indikator yang ditargetkan. Analisis data menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan kecerdasan verbal linguistik dengan metode bercerita. Hal ini ditunjukkan dengan hasil masing-masing siklus yaitu siklus I 66,67 % siklus II 78,37 % dan siklus III 88,69 % Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bercerita dapat mengembangkan kecerdasan verbal linguistik anak pada kelompok A di TK RA Muslimat Gumul Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan verbal linguistik, metode bercerita.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2014 12:41
Last Modified: 19 Oct 2021 16:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28272

Actions (login required)

View Item View Item