Pendidikan Kepramukaan Sebagai Media Pembentukan Kedisiplinan Siswa Kelas V SD Negeri Lencoh Selo Boyolali Tahun Ajaran 2013/ 2014

Fitriani, Ayuk and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2014) Pendidikan Kepramukaan Sebagai Media Pembentukan Kedisiplinan Siswa Kelas V SD Negeri Lencoh Selo Boyolali Tahun Ajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (957kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (702kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pendidikan kepramukaan dalam menunjang pendidikan karakter kedisiplinan siswa kelas V SD Negeri Lencoh Selo Boyolali. Penelitian ini termasuk Penelitian Diskriptif Kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang diamati atau diwawancarai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Lencoh Selo Boyolali yang berjumlah 19 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data, digunakan trianggulasi sumber. Dalam melakukan analisis data,penelitian ini menggunakan tehnik analisis deskriptif model interaktif. Berdasarkan data yang terkumpul, kemudian dideskripsikan, dikatagorikan dan dianalisis, untuk dapat diambil kesimpulan. Dari berbagai kegiatan kepramukaan (tali-temali, morse & semaphore, sandi, pertolongan pertama pada kecelakaan, yel, lagu & tepuk, baris-berbaris, mapping, berkemah dan upacara) mampu membentuk siswa dalam melaksanakan kegiatan kedisiplinan. Pendidikan kepramukaan dapat digunakan sebagai media untuk melatih kedisiplinan siswa kelas V SD Negeri Lencoh Selo Boyolali.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Kepramukaan, Karakter Disiplin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2014 11:02
Last Modified: 19 Oct 2021 05:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28266

Actions (login required)

View Item View Item