Pengaruh Mulligan Mobilisation With Movement Dan Taping Terhadap Penurunan Nyeri Dan Peningkatan Kekuatan Otot Menggengam Pada Tennis Elbow

Indrias, Reni (2013) Pengaruh Mulligan Mobilisation With Movement Dan Taping Terhadap Penurunan Nyeri Dan Peningkatan Kekuatan Otot Menggengam Pada Tennis Elbow. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.Daftar_Pustaka.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (863kB)

Abstract

Latar belakang: Tennis elbow merupakan salah satu gangguan yang dialami oleh para pemain tennis lapangan yaitu nyeri pada lengan serta penurunan kekuatan otot. Intervensi yang diberikan kepada para pemain tennis lapangan yaitu dengan Mulligan mobilization with Movement dan taping. Mulligan mobilisation with movement yaitu adalah teknik terapi manual baru yang menggunakan manfaat dari mobilisasi pasif dan menambahkan gerakan aktif. Manfaat dari mulligan mobilization with movement dan taping yaitu menurunkan nyeri dan meningkatkan kekuatan otot menggenggam. (Geetu dan Deepak, 2008) menemukan bahwa Mobilization with movement menyebabkan peningkatan statistik signifikan dalam kekuatan dan fungsional. Tujuan penelitian: untuk mengetahui pengaruh mulligan mobilization with movement dan taping terhadap penurunan nyeri dan kekuatan otot menggenggam pada pemain tennis di manahan. Metode penelitian: Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus dengan pendekatan deskriptif. Desain penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini ialah pengukuran nyeri dan kekuatan otot mengengam dilakukan sebelum dan sesudah melakukan mulligan Mobilization with movement dan taping. Responden 3 perlakuan dan 3 kontrol Hasil penelitian: Hasil penelitian pada kelompok perlakuan Sampel A mengalami penurunan nyeri 18 persen, Sampel B mengalami penurunan nyeri 11 persen dan Sampel C mengalami penurunan nyeri 7 persen. Kekuatan otot menggenggam pada kelompok perlakuan sampel A : kenaikan otot menggenggam 8 persen, sampel B kenaikan otot menggenggam sebesar 6 persen dan sampel C kenaikan otot mengenggam 4 persen. Kelompok kontrol mengalami peningkatan nyeri dan penurunan kekuatan otot menggenggam. Kesimpulan: Ada pengaruh Mulligan mobilization with movement dan taping terhadap penurunan nyeri dan peningkatan ototo menggenggam pada pemain tennis di Manahan Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mulligan Mobilization With Movement, taping, nyeri, kekuatan otot menggenggam,pemain tennis
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2014 07:20
Last Modified: 17 Mar 2014 10:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28248

Actions (login required)

View Item View Item