Penanaman Dan Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Budaya Lokal Di SDN Dersono III Pacitan

Sriyatin, Sriyatin and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2013) Penanaman Dan Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Budaya Lokal Di SDN Dersono III Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (384kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab VI)
Bab_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan penanaman dan pengembangan pendidikan karakter berbasis kearifan budaya lokal, serta pengembangan model pembelajaran Pendidikan karakter di SDN Dersono III, Kecamatan pringkuku, Kabupaten Pacitan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SDN Dersono III, Kecamatan pringkuku, Kabupaten Pacitan. yang tergabung dalam kegiatan Sanggar seni Mudha Budaya binaan PKBM( Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ) “Sasono Mulyo” yang beralamat di Desa Dersono, Kecamatan pringkuku, Kabupaten Pacitan, Propinsi Jawa Timur. Sejumlah 45 siswa yang tergabung dalam model pembelajaran terpadu antara penanaman dan pengembangan pendidikan karakter, jaringan kemitraan lembaga sekolah dan pelestarian budaya Bangsa. Model pembelajaran di kembangkan oleh Lembaga SDN Dersono III bekerjasama dengan Lembaga pendidikan Non Formal yaitu Lembaga PKBM Sasono Mulyo. Dimulai dari penjaringan minat siswa terhadap kearifan budaya Sub unsur karawitan dan tetembangan. Pemilahan siswa berdasarkan predeksi kemampuan awal siswa terhadap karawitan maupun tetembangan,melalui demonstrasi sekilas. Kemudian pelaksanaan pembelajaran oleh tutor dari PKBM Sasono Mulyo, melalui Bina suasana belajar,Bina konsep belajar, Bina proses belajar, Bina unjuk gelar, Beri hikmah. Setting lokasi model pembelajaran adalah di PKBM ”Sasono Mulyo”. Temuan dan kesimpulan, bahwa budaya Karawitan dan tetembangan efektif digunakan untuk penanaman dan pengembangan pendidikan karakter pada anak usia Sekolah Dasar. Melalui pengembangan model pembelajaran tersebut ternyata terdapat tiga puluh lima (35) indikator pendidik karakter yang dapat ditanamkan dan dikembangkan. Bahkan lebih dari itu, secara tidak diperkirakan muncul berbagai indikator pendidikan karakter yang berkembang secara otomatis seiring dengan berkembangnya unsur seni pada diri dan kejiwaan anak. Melalui model pembelajaran berbasis kearifan budaya lokal sub unrur karawitan dan tetembangan tersebut dari ketiga puluh lima indikator pendidikan karakter yang muncul, terdapat sepuluh (10) indikator pendidikan karakter yang mantab pada siswa, yaitu : Etika / kesopanan. Menghargai karya orang lain. Menghormati warisan budaya. Tanggung jawab. Kedisiplinan. Kerja sama, Kebanggan, Cinta damai, Semangat belajar, Kreatifitas. Sepuluh indikator pendidikan karakter tersebut melekat kuat pada diri anak, dalam membangun kebersamaan, dan muncul sebagai unsur yang signifikan dalam membangun sebuah kerja sama tim,dan dalam menciptakan karya seni kolektif,sekaligus dalam upaya melestarikan kebudayaan Bangsa Indonesia. Mengingat munculnya sepuluh indikator pendidikan karakter yang mantab, hasil penelitian dan pangembangan model belajar ini, bila dibandingkan dengan penelitian Castleberry ( 2002), yang berjudul “Staging character education: Investigating the possible link between the theatre arts curriculum and character education”, dapat dinilai lebih efektif.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan berkarakter
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2014 10:39
Last Modified: 28 Oct 2021 06:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28239

Actions (login required)

View Item View Item