DDasar - Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Challenging Rides Di Monumen Soerdjo Ngawi (Sebagai Wahana Wisata Perjuangan)

Prihantoro, Arif and , Dr. Dhani Mutiari and , Ir. Indrawati, MT (2014) DDasar - Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Challenging Rides Di Monumen Soerdjo Ngawi (Sebagai Wahana Wisata Perjuangan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
03-NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (471kB)
[img]
Preview
PDF (Halaaman Depan)
02-HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (890kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04-BAB_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
05-BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
06-BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
07-BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08-DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Lampiran)
09-LAMPIRAN_FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69MB)

Abstract

Kabupaten Ngawi yang terletak pada perlintasan propinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah memiliki tempat yang menawarkan sarana untuk kembali kepada alam dengan Hutan Wisata Monumen Soerdjo. Tempat ini membawa suatu kesegaran alami pada wisatawan dengan keindahan pohon-pohonnya juga pemandangan indah didalamnya, hanya sayang Hutan Monumen Soerdjo yang belum tersentuh penanganan yang baik sehingga tampak apa adanya saja. Selain memberikan perhatian kepada upaya untuk mendiversifikasi daya tarik wisata, pengembangan pariwisata di Kabupaten Ngawi juga perlu mempertimbangkan keseimbangan antara pemanfaatan aset termasuk alam dan budaya sebagai daya tarik wisata dengan pemeliharaan aset agar berkelanjutan sehingga dapat dinikmati baik oleh generasi sekarang maupun generasi yang akan datang. Melihat berbagai potensi yang ada peluang hutan wisata ini sangatlah besar untuk dapat maju dan berkembang tetapi tentunya harus ada kerjasama dari berbagai pihak itu dari pemerintah swasta atau masyarakat sehingga pada akhirnya dapat menjadi suatau kesatuan untuk mewujudkan tujuan wisata. 17 Alasan pemilihan lokasi/site, yang mana di jatuhkan pilihan pada Kawasan Wisata Monumen Soerdjo Ngawi, Kabupaten Ngawi. berbagai alasan dan pertimbangan. Yang pertama karena memang lahan tersebut kurang adanya pengembangan wisata yang baik, yang kedua ingin mengangkat Monumen Soerdjo Ngawi sebagai wahana wisata perjuangan letak Monumen Soerdjo tersebut itu sendiri berada di Wana Wisata Monumen Soerdjo terletak terletak di jalan raya Ngawi-Solo Km 19, tepatnya masuk wilayah desa Pelanglor Kec. Kedunggalar Kab. Ngawi .dan pemandangan hutan jati yang masih alami. Diharapkan dengan adanya perencanaan dan perancangan ini mampu menghasilkan suatu kawasan wisata perjungan untuk mengenang jasa pahlawan yang telah gugur dengan konsep green open space sehingga memberi suasana alami.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kabupaten Ngawi; Wisata; Monumen Soerdjo
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Mar 2014 07:30
Last Modified: 15 Oct 2021 03:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28212

Actions (login required)

View Item View Item