Pengaruh pemberian neck exercise dan transcutaneuselectrical nerve stimulation konvesional terhadap penurunan nyeri otot leher pada sopir bus malam

ARDIANSYAH, IQBAL and , Wahyuni, SSt.FT.M.Kes and , Dwi Kurniawati, SSt.FT (2013) Pengaruh pemberian neck exercise dan transcutaneuselectrical nerve stimulation konvesional terhadap penurunan nyeri otot leher pada sopir bus malam. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (516kB)

Abstract

Pengemudi bus /seorang sopir bus merupakan salah satu pekerjaan yang mempunyai risiko tinggi terhadap keselamatan dan kesehatan mengemudi, para sopir bus sering mengalami ketidaknyamanan kerja yang ditandai oleh munculnya penyakit-penyakit yang berhubungan dengan musculoskeletaldisorder ( MSDs ) dimana gangguan tersebut biasanya menyerang pada bagian bahu, leher dan punggung. Banyak metode ataupun teknik yang digunakan untuk mengatasinya, diantaranya pemberian neck exercise dan transcutaneus electrical nerve stimulation. Neck exercise adalah latihan dimana didalamnya memuat unsur stretching dan strengthening untuk memberikan efek terapeutik kepada otot leher untuk mengurangi nyeri, menurunkan ketegangan otot dan meningkatkan kekuatan otot yang mengalami kelemahan. Sedangkan transcutaneus electrical nerve stimulation dalam penelitian ini menggunakan metode God Alon C – A. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen, dengan pendekatan pre and post test design untuk mengetahui pengaruh pemberian neck exercise dan transcutaneus electrical nerve stimulation konvesional terhadap penurunan nyeri otot leher pada sopir bus malam. Dari hasil uji komparatif Wilcoxon test mendapatkan hasil p < 0,05 yang berarti menunjukkan adanya pengaruh pemberian neck exercise dan transcutaneus electrical nerve stimulation konvesional terhadap penurunan nyeri otot leher pada sopir bus malam. Diharapkan akan adanya penelitian selanjutnya dengan menambah jumlah variabel yang diteliti guna memperluas penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Neck Exercise, Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation Konvesional, Nyeri Otot Leher.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 13 Mar 2014 13:16
Last Modified: 09 May 2016 03:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28207

Actions (login required)

View Item View Item