Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain Balok Pada Anak Kelompok B Di TK Geneng Ii Gatak, Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014

Kuncoro, Agari Rigen and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2014) Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain Balok Pada Anak Kelompok B Di TK Geneng Ii Gatak, Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (970kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (925kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak melalui bermain balok pada anak kelompok B di TK Geneng II Gatak, Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan media balok dengan subyak 30 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Observasi adalah mengamati kemampuan kreativitas anak mulai dari sebelum ada tindakan, pada saat proses pembelajaran setelah ada tindakan, hingga pada akhir proses pembelajaran. Catatan lapangan dilakukan untuk mengetahui proses kegiatan pembelajaran bermain balok yang dilakukan guru dan respon anak saat guru menyampaikan kegiatan pembelajaran pada anak kelompok B di TK Genen II Gatak, Sukoharjo, sedangkan dokumentasi digunakan untuk melihat keaktifan anak saat kegiatan bermain balok. Analisis data yang digunakan adalah deskritif komparatif yaitu perbandingan hasil prosentase pencapaian setiap anak dengan skor maksimum yang telah ditentukan melalui siklus-siklus. Berdasarkan hasil perhitungan tiap siklus tindakan pengembangan kreativitas melalui media balok diperoleh hasil pada sebelum dilakukan tindakan 35,23%, siklus I mencapai 48,44%, siklus II mencapai 67%, siklus III mencapai 81,32%. Dengan demikian upaya mengembangkan kreativitas anak pada anak kelompok B di TK Geneng II Gatak, Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014 dikatakan berhasil karena hasil pada siklus III mencapai 81,32% melebihi target keberhasilan yaitu 75%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Bermain, Balok.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Mar 2014 06:49
Last Modified: 17 Oct 2021 07:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28173

Actions (login required)

View Item View Item