Azmi, Anisah Sukmawati and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2014) Penerapan Strategi Think Aloud Pair Problem Solving (Tapps) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis (PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP N 3 Colomadu Tahun Ajaran 2013/ 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (667kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan ini, meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok melalui metode Krulick-Rudnick. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data digunakan tehnik triangulasi. Teknik analisis data digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok. Hal ini dapat dilihat dari indikator kemampuan komunikasi 1) banyakya siswa yang menyampaikan ide dengan lisan sebelum tindakan 24,24% dan setelah tindakan 78,79%, 2) menulis atau menjawab soal didepan 18,18% dan setelah tindakan 60,61%, 3) menggambar untuk memperjelas soal sebelum tindakan 21,21% dan setelah tindakan menjadi 72,73%. Sedangkan indikator hasil belajar siswa yang mencapai criteria ketuntasan minimal (KKM) ≥ 70 sebelum tindakan 15,15% dan setelah tindakan 90,91%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan metode Krulik-Rudnick dalam memecahkan soal matematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode krulik-rudnick, kemampuan komunikasi matematika, hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 11 Mar 2014 07:20 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 11:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28134 |
Actions (login required)
View Item |