Sari, Dessy Dwitalia and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Permainan Kartu Huruf Pada Siswa Kelas III SDN Tunggulsari 1 No 72 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._Halaman_Depan.pdf Download (724kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (788kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara jawa pada mata pelajaran Bahasa Jawa melalui model pembelajaran Quantum Teaching dengan permainan kartu huruf pada siswa kelas III SD Negeri Tunggulsari I Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN Tunggulsari I Surakarta yang berjumlah 24 siswa. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Tehnik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Model pembelajaran yang digunakan adalah Quantum Teaching dengan permainan kartu huruf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan pra siklus diperoleh hasil keterampilan menulis aksara jawa pada mata pelajaran Bahasa Jawa terbilang rendah. Siswa yang tuntas hanya 8 siswa atau sebesar 33,3% dari nilai KKM (> 65) yang ditentukan. Setelah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan permainan kartu huruf pada siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari : keterampilan menulis aksara jawa pada pra siklus 41,6%, siklus I 54,1% dan siklus II 87,5%. Kebenaran ejaan dalam penulisan aksara jawa pada pra siklus 50%, siklus I 58,3%, siklus II 83,3%. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya ketuntasan peningkatan hasil belajar yang diperoleh melebihi target yang diharapkan yaitu 75%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan permainan kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara jawa pada siswa kelas III SDN Tunggulsari I Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan, menulis, quantum teaching |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 11 Mar 2014 05:55 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 05:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28127 |
Actions (login required)
View Item |