Hidayat, Guntur and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2014) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Problem Based Learning (PTK Bagi Siswa Kelas VIIA Semester Gasal SMP Negeri 2 Banyudono Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (624kB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika bagi siswa SMP Negeri 2 Banyudono kelas VIIA semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 melalui strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian in adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus, tiap siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi dan evaluasi. Data yang diperoleh berupa nilai tes pada akhir siklus I dan pada akhir siklus II. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik komparatif dan dengan teknik kritis. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika. Peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari meningkatnya indikator-indikatornya meliputi: 1) siswa antusias bertanya sebelum tindakan 22,22%, siklus I 41,67%, dan siklus II 66,67%, 2) siswa antusias menjawab pertanyaan sebelum tindakan 27,7%, siklus I 50%, dan siklus II 69,44%, 3) Kemauan siswa mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 16,67%, siklus I 33,33%, dan siklus II 61,11%. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilainya yang mencapai KKM sebelum tindakan 33,33%, siklus I 52,78%, dan siklus II 83,337%. Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran PBL dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar; motivasi; problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 11 Mar 2014 05:47 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 11:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28126 |
Actions (login required)
View Item |