Optimalisasi Penggunaan Laboratorium Sekolah Dengan Sistem Jaringan Terpusat Menggunakan Ltsp (Linux Terminal Server Project) (Studi Kasus SMP Bhayangkari Karangpandan)

Prasetiya, Hendra (2014) Optimalisasi Penggunaan Laboratorium Sekolah Dengan Sistem Jaringan Terpusat Menggunakan Ltsp (Linux Terminal Server Project) (Studi Kasus SMP Bhayangkari Karangpandan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img]
Preview
PDF
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (910kB)

Abstract

Laboratorium SMP Bhayangkari saat ini belum ada jaringan LAN, sehingga komputer bekerja sangat lambat dan komputer sering mengalami kerusakan baik software maupun hardware. Hal ini menghambat kegiatan yang berlangsung di laboratorium kurang maksimal dan banyak waktu yang terbuang dalam proses belajar. Selain itu, anggaran perawatan komponen PC minim biaya. Sedangkan biaya perawatan mahal. Tujuan dari penelitan ini yaitu 1) Menggunakan sistem LTSP (Linux Terminal Server Project) agar perawatan software pada satu komputer saja. 2) Mendiskripsikan hasil optimalisasi laboratorium sekolah dengan sistem LTSP (Linux Terminal Server Project). 3) Menggunakan sistem LTSP (Linux Terminal Server Project) komputer dengan spesifikasi rendah dapat menjalankan aplikasi yang dibutuhkan untuk pembelajaran di SMP Bhayangkari. Metode yang digunakan yaitu ekperimen dengan lokasi penelitian di SMP Bhayangkari Karangpandan. Metode pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Sumber informasi diperoleh dari pengelola laboratorium TIK SMP Bhayangkari. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: Rata-rata waktu LTSP sebesar 17,26 (42,62%) dan sistem windows sebesar 23,23 (57,38%). Hasil Open Office sistem LTSP lebih efektif dibandingkan dengan sistem windows (jumlah rata-rata waktu Open Office pada LTSP sebesar 11’ (45,06%) dan sistem windows yaitu sebesar 13,41’ (59,94%). Web browser sistem LTSP lebih efektif dibandingkan dengan sistem windows (jumlah rata-rata waktu web browser pada LTSP sebesar 18,7’ (47,01%) dan sistem windows yaitu sebesar 21’ (52,99%). Perbandingan Biaya antara Sistem Windows dengan Sistem LTSP diketahui bahwa biaya total untuk windows sebesar Rp 26.124.000.00 dan untuk biaya LTSP sebesar Rp 8.079.000.00. Pembuatan windows memerlukan biaya lebih besar dari biaya LTSP, selisih biaya tersebut yaitu sebesar Rp 18.045.000.00.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jaringan komputer, Linux Ubuntu, LTSP, dan Laboratorium Sekolah
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2014 07:23
Last Modified: 08 Mar 2014 07:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28093

Actions (login required)

View Item View Item