Representasi Identitas Budaya Sunda dalam Iklan (Analisis Semiotika Iklan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Periode 2013-2018 Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar)

Sutrisno, Rikhi and , Palupi, M.A (2014) Representasi Identitas Budaya Sunda dalam Iklan (Analisis Semiotika Iklan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Periode 2013-2018 Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (304kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (861kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (274kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (143kB)

Abstract

Iklan merupakan pesan-pesan dengan menggunakan proses komunikasi yang bersifat persuasif, yang bertujuan untuk memasarkan produk kepada publik. Selain itu, iklan juga dapat berfungsi untuk menyampaikan pesan-pesan politik, atau sering disebut dengan iklan politik. Salah satu iklan politik yang beberapa waktu silam muncul adalah iklan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat periode 2013-2018 Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar. Peneliti memilih tema iklan tersebut sebagai bahan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana representasi identitas budaya sunda yang terdapat pada iklan politik pasangan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika, yaitu pendekatan yang bertujuan untuk mengkaji sebuah iklan dari perspektif semiotika dan untuk membedakan sistem dalam iklan dengan menggunakan sistem tanda yang terdiri dari lambang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, yaitu dengan cara mengamati materi-materi yang terkandung pada iklan. Pada poin yang terakhir, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa identitas budaya mampu dipresentasikan melalui penggunaan bahasa sunda, artefak sebagai perwujudan fisik dari identitas budaya, dan ikon budaya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Identitas Budaya Sunda, Iklan Calon Gubernur Jawa Barat
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 07 Mar 2014 12:06
Last Modified: 18 Oct 2021 03:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28086

Actions (login required)

View Item View Item