Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas Xi IPA Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kota Tegal Tahun Ajaran 2013/2014

Merlianda, Ike Fitrika and , dr. Rh. Budhi Muljanto, Sp. KJ and , dr. D Dewi Nirlawati (2014) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas Xi IPA Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kota Tegal Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.PDF_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.PDF_BAB_1.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Bab II)
4.PDF_BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab III)
5.PDF_BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.PDF_BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab V)
7.PDF_BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.PDF_DAPUS.pdf

Download (178kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
11.PDF_NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam memotivasi diri, ketahanan dalam menghadapi kegagalan, mengendalikan emosi dan menunda kepuasan, serta mengatur keadaan jiwa. Prestasi belajar merupakan hasil yang dicapai individu setelah mengalami proses belajar dapat dilihat dari prestasi akademik. Kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap prestasi akademik karena kecerdasan emosional yang semakin baik akan meningkatkan prestasi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian observasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kota Tegal Tahun Ajaran 2013/2014 dengan sampel 96 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik Cluster Random Sampling dan dianalisa menggunakan uji statistik Spearman. Karakteristik siswa sebagian besar berjenis kelamin perempuan yaitu sebanyak 59 sampel (61,5%). Sebagian besar mendapat nilai B (86,5%). Kecerdasan emosional paling banyak kategori sedang (62,5%). Analisis statistik menunjukkan ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar.didapatkan nilai p 0,000 (p>0,05). Terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar.pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kota Tegal Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini masih sedikit dilakukan, maka diharapkan dilakukan penelitian lebih lanjut dengan variabel tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional,Prestasi Belajar, Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 05 Mar 2014 12:15
Last Modified: 20 Oct 2021 03:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28043

Actions (login required)

View Item View Item