Pengaruh Rasio Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Return Saham(Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011)

Fachrurozi, Reza and , Drs. Agus Muqorrobin, MM (2014) Pengaruh Rasio Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Return Saham(Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (792kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Rasio Profitabilitas dan Leverage terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu pemilihan sampel dengan kriteria tertentu, sehingga didapat sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2008-2011. Besarnya return tergantung perubahan harga saham dalam perdagangan saham. Harga saham dipengaruhi oleh banyak hal, seperti informasi fundamental dan informasi teknikal. Informasi fundamental diperoleh dari kondisi intern perusahaan, dan informasi teknikal diperoleh dari luar perusahaan, seperti ekonomi, politik, dan faktor lainnya. Informasi yang diperoleh dari kondisi intern perusahaan yang lazim digunakan adalah informasi laporan keuangan. Informasi fundamental dan teknikal tersebut dapat digunakan sebagai dasar bagi investor untuk memprediksi return, risiko, jumlah, waktu, dan faktor lain yang berhubungan dengan aktivitas investasi di pasar modal. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial bahwa Rasio Profitabilitas (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham, dari hasil regresi diperoleh nilai thitung sebesar 4,224 dengan nilai p=0,000. Sedangkan besarnya nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 1,980. Karena thitung > ttabel (4,224 > 1,980) dengan p<0,05 berarti ROA berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham dan H1 diterima, hasil penelitian ini konsisten dengan hasil penelitian sebelumnya oleh Ulupui (2005) dan Triyani (2005) yang membuktikan bahwa ROA signifikan dalam mempengaruhi return saham. Rasio Leverage (DER) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return saham, Dari hasil regresi diperoleh nilai thitung sebesar - 2,291 dengan nilai p=0,024. Sedangkan besarnya nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 1,980. Karena thitung < -ttabel (-2,291 < -1,980) dengan p<0,05 berarti DER berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return saham dan H2 diterima ,hasil penelitian ini konsisten dengan hasil penelitian sebelumnya oleh sunarto (2001) dan sitohang (2003) yang membuktikan bahwa DER memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan Rasio Profitabilitas (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham, artinya kemampuan pencapaian laba yang tinggi merupakan informasi yang baik bagi investor. Sedangkan Rasio Leverage (DER) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return saham, artinya semakin tinggi rasio DER, maka return saham akan semakin berkurang. Sebaliknya semakin rendah rasio DER, maka return saham akan semakin meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rasio Profitabilitas, Rasio Leverage, ROA, DER, Return Saham, BEI
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2014 12:58
Last Modified: 16 Oct 2021 13:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28006

Actions (login required)

View Item View Item