Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Strategi Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sambi III, Sambirejo, Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013

Afrido, Dhamar and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Strategi Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sambi III, Sambirejo, Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (916kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (481kB)

Abstract

Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat menggunakan beberapa strategi pembelajaran Picture and picture. Kelas yang diadakan penelitianadalah kelas V yang didasari oleh hasil observasi yaitu: siswa ramai, siswa sulit memahami materi karangan narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia, konsentrasi siswa dalam pelajaran tidak terfokus, kurang keaktifan siswa dalam pembelajaran,dan rendahnya keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melaluistrategi pembelajaran Picture and picturepada siswa kelas V SD NegeriSambi III Kecamatan Sambirejo, Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari sebelum tindakan (pra siklus), siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian diperoleh data keterampilan menulis karangan narasi sebelum penelitian sebesar 41,73%. Setelah diterapkan strategi Picture and picturedalam pembelajran Bahasa Indonesia keterampilan menulis karangan narasi siswa pada siklus I meningkat menjadi 59,99% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,08%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri Sambi III Kecamatan Sambirejo, Sragen tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran picture and picture, keterampilan menulis karangan narasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2014 06:43
Last Modified: 04 Nov 2021 11:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27980

Actions (login required)

View Item View Item