Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dan Kreatifitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Bagi Siswa Kelas Viii B Smp Negeri 2 Ngemplak Boyolali Tahun 2013/2014

Sari, Fitri Romuna and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2014) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dan Kreatifitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Bagi Siswa Kelas Viii B Smp Negeri 2 Ngemplak Boyolali Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika dan kreatifitas siswa melalui model pembelajaran Mind Mapping dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data guru dan siswa. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dengan triangulasi penyidik. Hasil penelitian, penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan kreatifitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari indikator pemahaman konsep matematika yaitu (a) siswa mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep tersebut dengan benar dari kondisi awal 34,38% putaran I 15,63% dan putaran II 46,88%, (b) siswa mampu membuat kesimpulan dari kondisi awal 31,25% siklus I 28,13% putaran II 56,30%. Sedangkan kreatifitas siswa dapat dilihat dari yaitu (a) kemampuan siswa mengekspresikan gagasan dengan berbagai cara dari kondisi awal 37,50%, putaran I 34,38%, putaran II 62,50%, (b) kemampuan siswa memberi tanggapan pendapat siswa lain dari kondisi awal 34,38%, putaran I 37,50%, putaran II 65,63%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, kreatifitas, mind mapping
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2014 08:32
Last Modified: 19 Oct 2021 11:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27959

Actions (login required)

View Item View Item