Hubungan Antara Kecerdasan Linguistik Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar

HIDAYATULLAH, Arini (2013) Hubungan Antara Kecerdasan Linguistik Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover_new.pdf

Download (620kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1..pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pus_pendadaran.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi_new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)

Abstract

Berbagai kenyataan yang ada mengenai prestasi belajar memprihatinkan dunia pendidikan dan para orang tua. ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain: faktor intern sebesar 70% seperti: faktor kognitif, faktor afektif, faktor psikomotor, dan faktor ekstern sebesar 30% seperti: lingkungan keluarga yaitu kondisi kehidupan dan dorongan dari keluarga, lingkungan sekolah. Proses belajar sangatlah berfokus pada kecerdasan kognitif , yang salah satunya adalah kecerdasan linguistik. kecerdasan linguistik sangat berperan penting dalam semua bidang mata pelajaran. Hal ini disebabkan karena pokok utama kecerdasan linguistik adalah komunikasi melalui membaca, menulis, mendengar dan berbicara. Untuk dapat memahami materi pelajaran dan mendapatkan hasil belajar yang baik, mutlak dibutuhkan kecerdasan linguistik. Karena siswa yang memiliki kecerdasan linguistik akan semakin luas jangkauan pengetahuannya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui hubungan antara kecerdasan linguistik dengan prestasi belajar pada siswa sekolah dasar, (2) Mengetahui tingkat kecerdasan linguistik pada siswa sekolah dasar., (3) Mengetahui tingkat prestasi belajar pada siswa sekolah dasar, dan (4)Mengetahui peran kecerdasan linguistik terhadap prestasi belajar pada siswa sekolah dasar. Subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling cluster random sample yang berjumlah 38 siswa, yang terdiri dari 16 siswa, yaitu siswa kelas 5 SD N 01 Gosono Wonosegoro Boyolali, dan 22 siswa, yaitu siswa kelas 5 MI Muhammadiyah Karang Ploso Wonosegoro Boyolali. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes psikologi WISC dan raport prestasi belajar Berdasarkan hasil perhitungan dengan product moment diperoleh koefisien korelasi r = 0,491; p < 0,01. Berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan linguistik dengan prestasi belajar. Total sumbangan efektif (SE) = 24,1%. Kategorisasi variabel kecerdasan linguistik diperoleh rerata empirik 98,95 termasuk kategori rata-rata. Dan pada variabel prestasi belajar diperoleh rerata empirik sebesar 74,15 yang termasuk kategori sedang atau rata-rata.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, kecerdasan linguistik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Feb 2014 12:18
Last Modified: 27 Feb 2014 12:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27919

Actions (login required)

View Item View Item