Pengaruh Presepsi Mahasiswa Atas Kemampuan Dosen Dalam Pengelolaan Kelas Dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011

Yulianingtyas, Niken and , Prof. Dr. H. Yetty Sarjono, M.Si. (2013) Pengaruh Presepsi Mahasiswa Atas Kemampuan Dosen Dalam Pengelolaan Kelas Dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (787kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (192kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (374kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui pengaruh presepsi mahasiswa atas kemampuan dosen dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar Kewirausahan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011. 2) Mengetahui pengaruh presepsi mahasiswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011. 3) Mengetahui presepsi mahasiswa atau kemampuan dosen dalam pengelolaan kelas dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Sampel diambil sebanyak 84 mahasiswa Populasi dalam penelitian ini adalah 110. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi linier sebagai berikut Y = 84,087 + 0,345 X1 + 0,142X2. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Presepsi mahasiswa atau kemampuan dosen dalam pengelolaan kelas berpengaruh positif terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, 2,803 > 2,000 pada taraf signifikan 5% dengan sumbangan relatif sebesar 89,1% dan sumbangan efektif 35%. 2) Penggunaan media pembelajaran berpengaruh positif terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,010 > 2,000 pada taraf signifikan 5% dengan sumbangan relatif sebesar 10,9% dan sumbangan efektif 4,3%. 3) Presepsi mahasiswa atau kemampuan dosen dalam pengelolaan kelas dan penggunaan media pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel,yaitu 4,153 > 3,150 pada taraf signifikan 5% 4) Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,393 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh presepsi mahasiswa atau kemampuan dosen dalam pengelolaan kelas dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun ajaran 2010/2011 adalah sebesar 39,3%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: presepsi mahasiswa atau kemampuan dosen dalam pengelolaan kelas dan penggunaan media pembelajaran, dan hasil belajar Kewirausahaan mahasiswa.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2014 09:30
Last Modified: 27 Oct 2021 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27910

Actions (login required)

View Item View Item