SIDIQ, Budi Fajar (2004) Perbedaan Status Gizi Dan Fungsi Kognitif Antara Anak SD Penderita Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (Gaky) Dan Non Gaky Di SD Negeri 02 Ngargoyoso Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN_SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (551kB) |
Abstract
Pendahuluan : Prevalensi GAKY di SD Negeri 02 Ngargoyoso sebesar 43,18% (endemik berat). Pertumbuhan dan perkembangan anak yang teridentifikasi GAKY terhambat. Kondisi tersebut mengakibatkan stunted dan IQ lebih rendah dari anak normal. Tujuan : Mengetahui perbedaan status gizi dan fungsi kognitif antara anak SD Penderita GAKY dan Non GAKY di SD Negeri 02 Ngargoyoso Karanganyar. Metode Peneitian : Penelitian Observasional dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah sampel GAKY dan non GAKY masing-masing 52 siswa sesuai kriteria. Status gizi diukur menggunakan tinggi badan menurut umur, sedangkan fungsi kognitif diukur menggunakan tes IQ metode CPM. Uji statistic menggunakan independent t-test. Hasil Penelitian : Karakteristik umur responden yang terindentifikasi GAKY dan Non GAKY sebagian besar berumur 10-11 tahun, masing-masing sebesar (44,25%) dan (48,08%). Jenis kelamin responden yang teridentifikasi GAKY sebagian besar adalah perempuan (51,92%) sedangkan non GAKY adalah lakilaki (51,92%). Status gizi responden yang teridentifikasi GAKY sebagian besar stunted (51,90%) sedangkan non GAKY sebagian besar berstatus gizi normal (98,10%). Fungsi kognitif responden yang teridentifikasi GAKY dan non GAKY sebagian besar di atas rata-rata (38,46%). Perbedaan status gizi dan fungsi kognitif antara responden yang teridentifikasi GAKY dan non GAKY memiliki nilai p berturut-turut yaitu p=0,000 dan p=0,273. Kesimpulan : Ada perbedaan status gizi antara responden anak sekolah yang GAKY dan non-GAKY, namun tidak ada perbedaan dalam fungsi kognitifnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak SD, Fungsi Kognitif, GAKY, Status Gizi |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RN Nutrition |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 26 Feb 2014 13:10 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 08:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27895 |
Actions (login required)
View Item |