Harjono, Donik Tri (2004) Analisa Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Hasil Penjualan Pada CV. Permata Tujuh Di Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf Download (49kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
Abstract
Sejalan dengan perkembangan dunia usaha yang sangat pesat, dimana sudah menjadi barang atau kebutuhan yang baku dan harus dipenuhi tentu akan menimbulkan suatu persaingan diantara kalangan para pengusaha. Akibatnya setiap perusahaan dituntut untuk melakukan suatu cara ataupun strategi agar perusahaan harus dapat memenuhi keinginan konsumen. Karena konsumen dalam memilih barang sangatlah selektif. Sebagai contoh adalah usaha mebel pada CV. Permata Tujuh di Wonogiri yaitu dalam usaha untuk meningkatkan pemasarannya dengan cara memperbaiki diversifikasi bentuk dan diversifikasi warna produk guna mendapatkan hasil penjualan yang maksimum. Jadi perusahaan harus siap untuk melakukan suatu perubahan pada produknya supaya bisa bersaing di pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah: - Untuk mengetahui bagaimana diversifikasi produk khususnya pada penambahan variasi bentuk dan warna dari produk yang lama ke produk yang baru terhadap hasil penjualan pada perusahaan mebel CV. Permata Tujuh Wonogiri. - Untuk mengetahui menakah diantara diversifikasi produk pada penambahan variasi bentuk dan warna dari produk lama ke produk baru yang paling berpengaruh terhadap hasil penjualan pada perusahaan mebel CV. Permata Tujuh Wonogiri. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: “Bahwa diversifikasi produk pada bentuk dan diversifikasi produk pada warna produk dapat mempengaruhi dan mempunyai hubungan yang erat terhadap volume penjualan, serta faktor yang paling dominan adalah diversifikasi produk pada bentuk produk”. Untuk pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan sampel lima tahun terakhir yaitu tahun 1998 sampai tahun 2002 untuk produk almari di perusahaan mebel CV. Permata Tujuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, korelasi parsial, koefisien determinasi. Setelah data diolah diperoleh persamaan regresi Y = -100.000.000 + 11,041 X1 + 16,465 X2. Dari hasil uji t yaitu pengujian diversifikasi bentuk produk terhadap hasil perjualan diperoleh hasil 4,574 > 3,182 maka Ho ditolak dan Ha diterima berarti ada pengaruh yang signifikan, pengujian antara diversifikasi warna produk terhadap hasil penjualan mebel diperoleh 4,392 > 3,182 maka Ho ditolak dan Ha diterima berarti ada pengaruh yang signifikan. Dari hasil uji F yaitu pengujian diversifikasi bentuk produk dan diversifikasi warna produk terhadap hasil penjualan diperoleh hasil 176,487 > 10,1 maka Ho ditolak dan Ha diterima berarti ada pengaruh yang signifikan. Dari analisis koefisien korelasi antara diversifikasi bentuk produk dengan hasil penjualan diperoleh hasil 0,970. Hal ini menunjukkan bahwa antara diversifikasi bentuk produk dengan hasil penjualan terdapat hubungan yang sangat kuat. Sedangkan hasil koefisien korelasi antara diversifikasi warna produk dengan hasil penjualan yaitu 0,967. Hal ini menunjukkan bahwa antara diversifikasi warna produk dengan hasil penjualan terdapat hubungan yang sangat kuat. Hasil perhitungan analisis koefisien determinasi untuk variabel diversifikasi bentuk produk (X1) dan diversifikasi warna produk (X2) diperoleh bentuk produk (X1) dan diversifikasi warna produk (X2) diperoleh nilai sebesar 0,994 atau 99,4% berarti bahwa variasi total variabel dependen dapat dijelaskan oleh variasi variabel independen sebesar 99,4% sedangkan sisanya 0,06% dipengaruhi oleh variael lain di luar model. Berdasarkan hasil analisis maka hipotesis yang penulis kemukakan bahwa diversifikasi bentuk dan warna mempunyai pengaruh signifikan positif dan faktor yang paling dominan pengaruhnya adalah diversifikasi bentuk produk telah terbukti kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | diversifikasi produk |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 25 Feb 2014 06:14 |
Last Modified: | 25 Feb 2014 06:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27860 |
Actions (login required)
View Item |