Anggalih, Dimas and , Prof. Dr. Kumaidi, MA, Ph.D and , Dr. Nanik Prihartanti, M.Si (2013) Peta Minat Vokasional Siswa SMA Dan SMK Di Kota Salatiga Berbasis Teori Holland. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan_jadi.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III__.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V__.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi_ilmiah_tesis.pdf Download (168kB) |
Abstract
Penelitian ini digunakan untuk mengklasifikasikan siswa menurut jenis sekolah dan minatnya. Populasi penelitian ini terdiri dari siswa –siswa SMA dan SMK se Kota Salatiga. Sampel diambil dari purposive random sampling terhadap jenis sekolah (negeri dan swasta) ; diperoleh responden SMA 218 siswa dan SMK 385 siswa. Instrumen yang digunakan mengikuti instrument “Self Directed Search” dari Holland (1985) sehingga dihasilkan suatu pola peta minat vokasional siswa yang menggambarkan tipologi pada jurusan dan sekolah yang berbeda. Hasil yang ditemukan menggambarkan bahwa tools ini bermanfaat untuk mengukur minat kejuruan siswa di Indonesia. Model hexagonal dari teori Holland yang menyatakan adanya 6 kepribadian yaitu : Tipe Realistik (The Realistic Type (R)), Tipe Peneliti/Pengusut (The Investigative Type (I) ), Tipe Seniman (The Artistic Type (A) ), Tipe Sosial (The Sosial Type (S) ), Tipe Pengusaha (The Enterprising Type (E) ), dan Tipe Orang Rutin (Conventional Type (C) ) atau dengan singkatan R-I-A-S-E-C. Walaupun hasil penelitian tidak menjelaskan tipologi kepribadian tiap siswa, namun jurusan ini mencerminkan tipologi suatu kelompok, dan hasilnya sebagai berikut. Peta jurusan SMK Mesin menunjukan kecenderungan skor tertinggi ada pada tipologi (R,C,E), SMK jurusan Akuntansi menunjukan peta tipologi (C, I), SMK jurusan Kecantikan menunjukan peta tipologi (S, A), SMK jurusan Otomotif menunjukan peta tipologi (R,E,C), SMK jurusan Tata Boga (E, S), SMK jurusan Tata Busana menunjukan peta tipologi (E, A), SMK jurusan Audio menunjukan peta tipologi (R,C,E), SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak menunjukan peta tipologi (R, E, C), SMK jurusan Perhotelan menunjukan peta tipologi (E, C), SMK Teknik Komputer dan Jaringan menunjukan peta tipologi (R,I), SMK Pemasaran menunjukan peta tipologi (E, S), SMA IPS menunjukan peta tipologi (S,C,E), SMA jurusan IPA menunjukan peta tipologi (I,S,A) dan SMA jurusan Bahasa menunjukan (S,A,E). Walaupun hasil penelitian ini sudah dapat memilah minat dari 14 jurusan SMA dan SMK namun belum memilah semua jurusan SMK yang ada. Sehingga masih banyak peluang untuk meningkatkan efektifitas instrumen dalam memetakan minat vokasional terhadap jurusan yang heterogen pada SMK di Indonesia.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reatistik, Investigatif, Artistik, Sosial, Enterprising, Konvensional |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 20 Feb 2014 08:15 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 06:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27812 |
Actions (login required)
View Item |