Implementasi Keaktoran Dengan Teknik Bermain Drama Rendra Pada Pembelajaran Drama Kelas XI MAN Karanganyar Tahun Ajaran 2012 / 2013

Astuti, Laela and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M., M.Hum. (2013) Implementasi Keaktoran Dengan Teknik Bermain Drama Rendra Pada Pembelajaran Drama Kelas XI MAN Karanganyar Tahun Ajaran 2012 / 2013. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (303kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan teknik-teknik bermain drama Rendra. (2) Mengimplementasikan keaktoran dengan teknik bermain drama Rendra pada pembelajaran drama kelas XI MAN Karanganyar Tahun ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan pada tesis ini adalah deskriptif kualitatif . Strategi penelitiannya adalalah studi kasus terpancang (embedded case study research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik validitas data (triangulasi data dan triangulasi teoretis), dan teknik analisis data ( data yang terjadi pada proses belajar mengajar ).Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: (1)Teknik bermain drama Rendra dapat meningkatkan kemampuan memerankan tokoh drama pada siswa kelas XI IPS 5 Tahun Ajaran 2012/2013. (2) Implementasi Keaktoran dengan Teknik bermain drama Rendra pada Pembelajaran drama dapat diterapkan dalam pembelajaran di dalam kelas dengan cara mengadaptasi beberapa arahan teknis yang kurang sesuai dengan kondisi kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: implementasi , keaktoran, teknik Rendra, drama, pembelajaran drama di SMA
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2014 11:14
Last Modified: 23 Oct 2021 02:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27789

Actions (login required)

View Item View Item