Pengukuran Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Keuangan Dan Economic Value Added (EVA) (Studi Kasus Pada Perusahaan PT Telkom Indonesia, Tbk yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012)

Savitri, Rinda and , Dra. Wuryaningsih Dwi Lestari, M.M (2014) Pengukuran Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Keuangan Dan Economic Value Added (EVA) (Studi Kasus Pada Perusahaan PT Telkom Indonesia, Tbk yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_EVA.pdf

Download (361kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan mengunakan rasio keuangan dan Economic value added (EVA) studi kasus pada PT Telkom Indonesia, Tbk periode tahun 2008-2012. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriftif kuantitatif, karena hanya menggambarkan laporan keuangan perusahaan melalui perhitungan kuantitaf rasio keuangan dan Economic value added (EVA). Rasio keuangan yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Rasio Profitabilitas (NPM, ROI, ROE), Rasio Likuiditas (CR, QR), Rasio Leverage (DR, DER) dan Ratio Aktivitas (ITO, TATO).Hasil analisis menunjukkan nilai NPM dan ROI cenderung mengalami kenaikan, hal ini berarti total aktiva yang telah diinvestasikan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan mulai optimal. Nilai ROE semakin menurun menunjukkan penghasilan bersih yang didapatkan pemilik saham atas modal yang diinvestasikan semakin menurun. Nilai CR semakin meningkat, hal ini menunjukkan semakin tinggi CR maka likuiditas perusahaan semakin meningkat dengan catatan CR tidak lebih dari 200%. Nilai QR mengalami kenaikan, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan mampu menggunakan aktiva lancar yang likuid untuk membayar hutang jangka pendeknya. Nilai DR dan DER menunjukkan hasil yang baik. Nilai ITO menunjukkan inefisiensi dan nilai TATO menunjukkan hasil yang baik. Hasil perhitungan menggunakan Economic Value Added (EVA) pada PT Telkom Indonesia, Tbk untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan tahun 2008-2012 menunjukkan bahwa kinerja keuangan dalam kondisi baik, karena Economic Value Added (EVA) bernilai positif. Nilai Economic Value Added (EVA) bernilai positif, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan mampu memberikan nilai tambah bagi perusahaaan serta mampu memenuhi harapan para pemegang saham dan investor.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja keuangan, Rasio keuangan, Economic value added (EVA)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2014 07:31
Last Modified: 16 Oct 2021 13:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27731

Actions (login required)

View Item View Item