Indriy, Dwi Astuti and , Dr. Samina, M. (2013) Implementasi Micro Teaching Kaitannya Dengan Keterampilan Mengajar Pada Program Pengalaman Lapangan (PPL) Bagi Mahasiswa Program Studi PGSD FKIP UMS Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_.pdf Download (921kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (196kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan laboratorium micro teaching FKIP UMS, mengetahui kegiatan micro teaching yang dilakukan mahasiswa Program Studi PGSD, dan mengetahui pelaksanaan micro teaching kaitannya dengan keterampilan mengajar mahasiswa dalam Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL). Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengelola laboratorium micro teaching yang diwakilkan oleh petugas administrasi laboratorium micro teaching, dosen mata kuliah micro teaching, guru pamong dalam kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL), dan mahasiswa semester VII FKIP PGSD UMS. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data, digunakan teknik triangulasi sumber. Dalam melakukan analisis data, penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif model interaktif. Berdasarkan data yang terkumpul, kemudian dideskripsikan dan dianalisis, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa: Pengelolan laboratorium micro teaching sudah baik, peralatan atau fasilitas yang ada juga sudah mendukung kegiatan praktik micro teaching. Dengan adanya peralatan yang sudah mendukung kegiatan praktik micro teaching tersebut, mahasiswa juga dapat melatih keterampilan mengajar yang mereka miliki. Pelaksanaan micro teaching sangat efektif kaitannya dengan keterampilan mengajar yang dimiliki oleh mahasiswa dan dengan keterampilan yang mereka miliki mahasiswa dapat mengimplementasikannya pada saat kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | micro teaching; PGSD; keterampilan; mengajar; PPL |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 13 Feb 2014 13:11 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 14:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27720 |
Actions (login required)
View Item |