Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Tentang Diare Dan Perilaku Ibu Mencuci Tangan Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Pucangsawit Surakarta

Sari, Yulistia Eka and , Prof. Dr. Bambang Soebagyo, dr., Sp.A(K). and , dr. Dodik Nursanto (2014) Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Tentang Diare Dan Perilaku Ibu Mencuci Tangan Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Pucangsawit Surakarta. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (133kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daf. Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (111kB)

Abstract

Latar Belakang : Diare merupakan penyebab utama kematian anak-anak berusia kurang dari lima tahun secara global. Sebagian besar kematian terjadi di negara berkembang di mana diperkirakan 25% dari kematian balita secara langsung dikaitkan dengan penyakit tersebut. Diare dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah keadaan lingkungan dan perilaku masyarakat. Pengetahuan merupakan domain yang penting untuk terbentuknya perilaku seseorang dimasyarakat. Kebiasaan yang berhubungan dengan kebersihan perorangan yang penting dalam penularan kuman diare adalah mencuci tangan. Mencuci tangan dengan sabun, terutama sesudah buang air besar, sesudah membuang tinja anak, sebelum menyiapkan makanan, sebelum menyuapi makan anak dan sebelum makan, mempunyai dampak menurunkan angka kejadian diare sebesar 47%. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan ibu tentang diare dan perilaku ibu mencuci tangan dengan kejadian diare pada balita di wilayah kerja Puskesmas Pucangsawit Surakarta. Metode : Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional, teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil : Berdasarkan hasil uji fisher untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang diare dengan kejadian diare pada balita diperoleh nilai p-value 0,424 dan hasil uji fisher untuk mengetahui hubungan perilaku ibu mencuci tangan dengan kejadian diare pada balita diperoleh nilai p-value 0,216. Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan ibu tentang diare dan perilaku ibu mencuci tangan dengan kejadian diare pada balita di wilayah kerja Puskesmas Pucangsawit Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan ibu, perilaku ibu mencuci tangan, diare
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Murtini Murtini Murtini
Date Deposited: 13 Feb 2014 12:00
Last Modified: 20 Oct 2021 02:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27716

Actions (login required)

View Item View Item