Sari, Arum Oktavia and , Ratnasari Diah Utami, M.Si., M.Pd (2014) Peningkatan Minat Belajar Ipa Melalui Strategi Word Square Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri 03 Jetis Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi Word Square. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Guru sebagai subjek pelaku tindakan dan siswa sebagai subjek penerima tindakan. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Adapun instrumen dalam pengumpulan data adalah lembar observasi, lembar wawancara, silabus, RPP, dan tes. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah terjadinya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari indikator pencapaian minat belajar yang meliputi: partisipasi, perhatian, dan rasa senang dalam kegiatan pembelajaran yang mengalami peningkatan. Persentase minat belajar siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran pada pra siklus sebesar 39,53%, pada siklus I sebesar 65,11%, dan pada siklus II sebesar 86,04%, adapun siswa yang menaruh perhatian dalam kegiatan pembelajaran pada pra siklus sebesar 34,88%, pada siklus I sebesar 58,13%, dan pada siklus II sebesar 83,71%. Sedangkan siswa yang senang dalam kegiatan pembelajaran pada pra siklus sebesar 30,23%, pada siklus I sebesar 46,50%, dan pada siklus II sebesar 81,39%. Penelitian ini memberi kesimpulan bahwa penerapan strategi Word Square dapat meningkatkan minat belajar dalam pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 03 Jetis Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, Minat Belajar, Strategi Word Square |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 13 Feb 2014 11:31 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27713 |
Actions (login required)
View Item |