Herawati, Astri and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2014) Studi Komparasi Strategi Picture And Picture Berbasis Gambar Kartun Dan Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Bloran Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (548kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA antara penerapan strategi picture and picture berbasis gambar kartun dan strategi example non example pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Bloran, (2) manakah yang lebih besar pengaruhnya antara strategi picture and picture berbasis gambar kartun dengan strategi example non exampledalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Muhammadiyah Bloran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV MI Muhammadiyah Bloran tahun 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji keseimbangan dan uji normalitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,132 > 2,021 dengan nilai rata-rata hasil belajar IPA kelas IVA lebih besar dibandingkan kelas IVB, yaitu 80,00 > 71,43. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada perbedaan hasil belajar IPA antara penerapan strategi picture and picture berbasis gambar kartun dan strategi example non example pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Bloran, (2) strategi picture and picture berbasis gambar kartun memberikan pengaruh lebih besar terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan strategi example non example.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi picture and picture berbasis gambar kartun, strategi example non example, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 12 Feb 2014 06:16 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 00:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27668 |
Actions (login required)
View Item |