Prabandari, Eko and , Dr. Tjipto Subadi, M.Si and , Dr. Syamsudin, M.M (2013) Pengelolaan Media Pembelajaran Di SD Negeri II Tekaran Selogiri. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf Download (321kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (748kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) perencanaan media pembelajaran. (2) Pemanfaatan media pembelajaran. (3) Perawatan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian adalah perspektif fenomenologi. Penelitian dilakukan di SD Negeri II Tekaran Selogiri. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi atau dokumentasi dan wawancara mendalam. Analisis data dengan deskripsi kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan media pembelajaran meliputi: perencanaan kebutuhan media pembelajaran, perencanaan pemeliharan, penghapusan, biaya, dan rencana pengadaan. Dalam proses perencanaan media pembelajaran disusun oleh guru disampaikan kepada kepala sekolah pada awal tahun ajaran baru. Pertimbangan guru dalam perencanaan media pembelajaran dilihat dari segi pembelajaran, segi produksi, dan segi siswa. (2) Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Berbagai jenis media pembelajaran yang digunakan oleh guru bervariasi, namun sebagian besar guru lebih menyukai media cetak dan komputer. Sedangkan pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan dalam pelaksanaan selain media cetak masih sangat terbatas. (3) Pemeliharaan media pembelajaran dilakukan oleh guru, laboran, siswa secara kontinyu. Setiap kerusakan ringan terhadap media pembelajaran, proses perawatannya dilakukan oleh guru. Sedangkan untuk media pembelajaran dengan kerusakan yang berat dilakukan oleh pihak luar. Proses perawatan media pembelajaran dilakukan secara terus menerus, berkala, dan darurat.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran; pemanfaatan; perawatan; perencanaan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 11 Feb 2014 12:14 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 01:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27663 |
Actions (login required)
View Item |