Comparative Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Strategi Cooperative Script Dan Group Resume Dengan Media Komik Pada Siswa Kelas III SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Rahmawati, Fita and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Comparative Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Strategi Cooperative Script Dan Group Resume Dengan Media Komik Pada Siswa Kelas III SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (637kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Dapus.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1. Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui Cooperative Script dan Group Resume dengan media komik pada siswa kelas III SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar. 2. Mendeskripsikan besarnya perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui Cooperative Script dan Group Resume dengan media komik pada siswa kelas III SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu siswa kelas III A berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan siswa kelas III B berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Kelas III A diterapkan Cooperative Script dengan media komik dan kelas III B diterapkan Group Resume dengan media komik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji keseimbangan dengan uji F, uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa: 1. Ada perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui Cooperative Script dan Group Resume dengan media komik pada siswa kelas III SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar, berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,296 > 2,005. 2. Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar melalui Cooperative Script dengan media komik lebih baik daripada melalui Group Resume dengan media komik, berdasarkan rata-rata kelas eksperimen 1 > rata-rata kelas eksperimen 2, yaitu 86,79 > 78,93.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Cooperative Script, Strategi Group Resume, Media Komik,Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 07 Feb 2014 12:36
Last Modified: 03 Nov 2021 07:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27591

Actions (login required)

View Item View Item