Rofi’ah, Siti Nur and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Implementasi Pendidikan Ramah Anak Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas Rendah SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (504kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (191kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (140kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (859kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan ramah anak dalam membentuk karakter siswa kelas rendah SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas rendah. Prosedur penelitian tahap-tahapnya, yaitu: 1. Tahap Pra-lapangan, 2. Tahap Kegiatan Lapangan, dan 3. Tahap Pasca-lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang sudah dilakukan mengenai implementasi pendidikan ramah anak di SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat yakni melalui kegiatan pembiasaan yang dilakukan secara rutin, keteladanan guru, proses pembelajaran dan nasehat yang diberikan kepada siswa. Upaya pembentukan karakter siswa dilakukan melalui pendidikan ramah anak tersebut. Menyikapi siswa yang melanggar tata tertib guru menanggapinya dengan dengan tanpa kekerasan dan diskriminasi kepada siswa. Kendala dalam pembentukan karakter yakni pola asuh orang tua, lingkungan sekitar dan teknologi yang semakin canggih. Solusi yang dilakukan melalui home visit, melalui buku penghubung, dan komunikasi dengan orang tua siswa. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa hubungan antara karakter dan pendidikan ramah anak di SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat terdapat kesinambungan sehingga ada kesesuaian antara keduanya. Pendidikan ramah anak yang dilakukan di SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat dapat membentukan karakter siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Ramah Anak, Karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Maria Husnun Nisa |
Date Deposited: | 07 Feb 2014 12:03 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 07:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27589 |
Actions (login required)
View Item |