Implementasi Pendidikan Ramah Anak Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas Rendah SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Rofi’ah, Siti Nur and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Implementasi Pendidikan Ramah Anak Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas Rendah SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (504kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (191kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan ramah anak dalam membentuk karakter siswa kelas rendah SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas rendah. Prosedur penelitian tahap-tahapnya, yaitu: 1. Tahap Pra-lapangan, 2. Tahap Kegiatan Lapangan, dan 3. Tahap Pasca-lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang sudah dilakukan mengenai implementasi pendidikan ramah anak di SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat yakni melalui kegiatan pembiasaan yang dilakukan secara rutin, keteladanan guru, proses pembelajaran dan nasehat yang diberikan kepada siswa. Upaya pembentukan karakter siswa dilakukan melalui pendidikan ramah anak tersebut. Menyikapi siswa yang melanggar tata tertib guru menanggapinya dengan dengan tanpa kekerasan dan diskriminasi kepada siswa. Kendala dalam pembentukan karakter yakni pola asuh orang tua, lingkungan sekitar dan teknologi yang semakin canggih. Solusi yang dilakukan melalui home visit, melalui buku penghubung, dan komunikasi dengan orang tua siswa. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa hubungan antara karakter dan pendidikan ramah anak di SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat terdapat kesinambungan sehingga ada kesesuaian antara keduanya. Pendidikan ramah anak yang dilakukan di SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat dapat membentukan karakter siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Ramah Anak, Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 07 Feb 2014 12:03
Last Modified: 03 Nov 2021 07:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27589

Actions (login required)

View Item View Item