Supriyadi, Martinus Sopyan and , Dra. Ratnasari Diah Utami, M.Si (2013) Penerapan Strategi Outing Class Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Pandeyan Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (219kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran (IPA) melalui penerapan strategi pembelajaran Outing Class. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran dikelasnya. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Pandeyan, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri yang berjumlah 9 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tenik analisis data mengunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Observasi menunjukkan bahwa pada pelaksanan Pra Siklus ditemukan motivasi siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran konvensional terhitung rendah dengan penilain: senang dalam mengikuti proses belajar mengajar 22,22%, berpartisipasi dalam proses melalui pembelajaran berlansung 22,22%, ketenangan siswa dalam proses pembelajaran, 11,11%, semangat dalam mengikuti proses pembelajaran 22,22%, siswa tekun dalam proses pembelajaran 11,11%, dan siswa yang berani mengungkapkan ide dalam proses pembelajaran 11,11%. Pada siklus I dan II, melalui pembelajaran dengan menggunakan strategi Outing Class motivasi belajar siswa meningkat, yaitu senang dalam mengikuti proses pembelajaran dari 22,22% menjadi 44,44% (siklus I) dan 99,99% (siklus II), partisipasi siswa dalam proses pembelajaran dari 22,22% menjadi 55,55% (siklus I) dan 88,88% (siklus II), ketenangan siswa dalam proses pembelajaran dari 11,11% menjadi 44,44% (siklus I) dan 88,88% (siklus II), siswa yang semangat dalam proses pembelajaran dari 22,22% menjadi 33,33% (siklus I) dan 88,88% (siklus II), siswa yang tekun 11,11% menjadi 33,33% (siklus I) dan 88,88% (siklus II), siswa yang berani mengungkapkan ide 11,11% menjadi 33,33% (siklus I) dan 88,88% (siklus II) Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Outing Class dapat meningkatkan motivasi belajar IPA kelas IV SD Negeri 2 Pandeyan Tahun Pelajaran 2013/2014
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Strategi Outing Class |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Maria Husnun Nisa |
Date Deposited: | 07 Feb 2014 11:49 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 10:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27588 |
Actions (login required)
View Item |